Tuesday, May 17, 2016

Norwegian Wood oleh Haruki Murakami

Image result for norwegian wood ini adalah buku kedua dari Murakami yang saya baca, kebetulan dalam versi bahasa Indonesia yang sebenarnya kurang saya gemari karena terkadang kemampuan sang translator belum tentu pas merepresentasikan maksud hati penulis. namun sudahlah, toh motivasi utama adalah harganya yang terjangkau, hehehe.
saya merasa beruntung membaca cerita ini bukan pada saat masih seumuran dengan sang tokoh utama, Watanabe, karena secara kebetulan setting lokasinya lumayan dekat dengan tempat saya belajar. pun, ternyata kisah liku-liku pergaulan remaja Jepang setengah abad yang lalu sudah sedemikian rumitnya, dan seiring bertambahnya waktu akan makin rumit, hahaha. awal mulai cerita, saya susah menebak endingnya, jika dikaitkan dengan judul maupun alur yang hanya mengalir begitu saja. namun konflik mulai meningkat saat Watanabe bertualang dengan kehidupan asramanya, kegalauan hubungannya dengan Naoko, munculnya Midori hingga peran Reiko-san yang ternyata membawa warna tersendiri. agak landai?? boleh disimpulkan seperti itu, namun sedikit banyak karya ini menginspirasi bahwa masa awal kuliah adalah saat penuh kebimbangan dan pentingnya untuk mencari jati diri. banyak pengalaman yang akan didapat, entah itu happy or sad, but never end.
anyway, semoga ada kesempatan untuk napak tilas rute Yotsuya di hari Minggu mencari jejak toko buku Kobayashi, hohoho

No comments: