Friday, May 06, 2016

Kafka on the Shore by Haruki Murakami



Endingnya kecewa? ya, dan sangat!! meskipun saya tetap sangat menghargai buah karya Murakami ini. memang ini adalah buku pertamanya yang saya baca, bukan karena apa, namun alasan utama adalah paperbacknya dijual dengan harga lebih murah dibanding beberapa novel terkenal lainnya, itu saja. dan kemudian dengan kesimpulan yang mengecewakan, apakah jadi rugi? tentu tidak, hehehe. saya tetaplah bangga, sah jika dikemudian hari ada berujar sudah menamatkan novel ini, ayo diskusi, hohoho. 
jadi novel ini berkisah perjalanan kabur si tokoh utama "Kafka Tamura" di chapter ganjil, sembari berkisah ala flashback tentang Nakata, tokoh misterius yang sedari awal di chapter genap, menurut saya, menjadi kunci semua masalah gaib yang terjadi di novel ini. sudah.
kok? memang seperti itu menurut saya. kekecewaan yang sangat mendalam, sampai-sampai saya merasa tertipu sudah melahap sekitar 600halaman versi English ini karena ending yang setengah dipaksa, dan entah kenapa, meski jelas2 kategori fiksi, namun kecewa yang lebih muncul ke permukaan ketimbang kesan mendalam yang biasanya kita mahfumkan setelah membaca suatu cerita dengan embel2 bestseller. teringat memori yang lalu, setelah saya membaca sebuah novel dari pengarang Indonesia yang cukup terkenal (semoga saya tidak kembali termakan promosi) dan mendapati ending yang juga cukup mengecewakan. tidak perlulah saya sebutkan namanya, hehehe. mungkin ada baiknya, tidak terlalu serius dalam membaca sebuah cerita, apalagi berharap makna yang wah akibat intro yang wih.

No comments: