Tuesday, August 23, 2016

(tidak) Libur Musim Panas

"kamu libur juga kan?"

begitulah kira2 pertanyaan setiap orang ketika gelombang libur musim panas sudah dimulai. dan errrrm, gimana ya. secara de facto, memang tidak ada kegiatan kuliah pada bulan Juli hingga pekan ke tiga Agustus, plus untuk taruna/undergraduate program, mereka memang mendapat alokasi libur tersebut sebagaimana saya dulu di posisi yang sama. namun untuk S2 dan S3, dikarenakan status sebagai pegawai negeri, otomatis ya nothing special. meski tidak ada kegiatan kuliah, waktu 8 minggu tersebut dijadwalkan "ngantor" seperti biasa, namun kegiatan diserahkan sepenuhnya pada lab masing2. mungkin, beberapa akan mengambil cuti seperlunya pada hari2 sekitar Obon (14 Agustus), pun juga akan mengurangi jatah cuti tahunan mereka.

karena alasan itu pulalah, secara kebetulan rangkaian kesibukan 17an Agustus tahun ini juga jatuh pada hari yang kurang pas, jadilah cerita wira-wiri pada tanggal belasan dengan rute Yokosuka-Tokyo pp dan diakhiri naik Gunung Fuji menjadi pelengkap linu2 di sekujur tubuh.

sampai dengan 10 Agustus (Rabu), hari2 normal lancar apalagi sensei juga kebetulan sudah cuti dari awal minggu, jadi rada slow pace.

11 Agustus, meski kalendernya merah (Hari Gunung) namun demi mengganti besok buat Jumatan, maka hari ini pun standby di lab untuk cicil tugas. setelah Isya meluncur ke Tokyo sambil angkut perlengkapan upacara.

12 Agustus, niat awal hanya sholat Jumat di Meguro, namun karena ada request untuk bantu persiapan upacara, well, sepagian melipir KBRI. sorenya balik Yokosuka

13-14 Agustus, lanjut persiapan seminar sambil berpusing nyicil thesis. Minggu malam, berangkat lagi ke Tokyo.

15 Agt, gladi upacara 17an lanjut siang dan malamnya pengukuhan anggota Paskibraka Tokyo. malam itu juga kembali ke Yokosuka lagi.

16 Agt, ngantor as usual, kebetulan hari ini sensei baru masuk lagi, jadi deh ramah tamah laporan perkembangan research, plus persiapan seminar. malam harinya, sambil berhujan2 berangkat ke Tokyo lagi.

17 Agt, puncak perayaan HUT RI ke 71, alhamdulilah cuaca sangat2 mendukung, setelah hempasan taifun kemarin yang sempat menciutkan nyali. setelah Upacara Penurunan Bendera dan makan malam, langsung kembali ke Yokosuka.

18 Agt, sesuai janji dan rencana, hari ini gladi paparan untuk seminar. beberapa persiapan yang sudah dicicil sedikit banyak dimentahkan dari sensei, hingga akhirnya latihan pun dilaksanakan mandiri, dengan kondisi badan juga mulai bergetar karena kurang istirahat.

19 Agt, meski hari Jumat, namun kali ini jadwal tidak memungkinkan untuk bergabung jamaah Jumat. seminar start jam 11.30, dan untunglah dapat kesempatan paparan pertama kali hingga sisa waktu setelahnya bisa rada santai menikmati sajian materi dari orang lain. kegiatan selesai jam 8 malam, langsung merapat ke Tokyo (untuk yang kesekian kalinya).

20 Agt, kurang tidur?? jelas sekali. namun apa daya, kegiatan berikut sudah menanti. meski terbersit keinginan untuk mundur, tapi kapan lagi bisa dapat kesempatan naik Gunung Fuji? sendirian bisa sih, tapi ... (sudah bosan seorang diri kesana kemari).

21 Agt, daaan begitulah, sepanjang perjalanan hingga naik turun Fuji, hanya berhasil merem ditengah terik mentari pagi selama 1 jam. tepat pukul 11 malam, kembali dengan selamat ke Tokyo. sudah tidak mungkin mengejar kereta untuk ke Yokosuka. artinya, 4 jam lagi harus sudah berangkat lagi ke stasiun Komazawa Daigaku supaya tidak telat weekly briefing. dan taifu no 9 sudah bersiap mendarat di daerah Kanto, duh 

No comments: