Thursday, October 20, 2005

DVD review: gothika



cerita berawal dari wawancara yg dilakukan seorang psikiater, Dr.Miranda(Halle Berry) terhadap seorang pasiennya, Chloe(Penelope Cruz), yg telah ditemukan membunuh ayah tirinya, namun sang pasien mengatakan, bahwa dia telah kerasukan setan, yg sampai saat itupun kerap datang ke kamarnya.tentu saja Dr.Miranda menganggap Chloe seorang pasien yg gila, dan jelas2 tidak mempercayai semua hal yg tidak bisa dinalar oleh logika.
pada malam yg sama, ditengah perjalanan menuju rumahnya, Dr.Miranda hampir menabrak seorang gadis yg tiba2 muncul ditengah jalan shg terpaksa banting kemudi, sehingga mobilnya ringsek menabrak bahu jalan.dengan penuh keheranan, Dr.Miranda menghampiri sang gadis, dan alangkah terkejutnya ketika ia melihat wajah sang gadis penuh dengan darah.nalurinya sebagai seorang dokter, ia kemudian menawarkan bantuan untuk mengobati si gadis, namun tiba2 gadis tersebut berteriak, kemudian dengan kedua tangannya memegang kepala Dr.Miranda, dan kemudian dari sekujur tubuh sang gadis muncul kobaran api, yg juga menjalar kepada Miranda, lalu tiba2 dunia menjadi gelap.
setelah siuman, Miranda kemudian menyadari bahwa kini ia berada di salah satu ruangan pasien Rumah Sakit kejiwaan milik suaminya, tempat dimana ia bekerja, dan lebih tepatnya lagi, di sebelah kamar Chloe.selidik punya selidik, ternyata Miranda tertangkap basah telah menghabisi suaminya, Dr.Doug, pada malam setelah ia mewawancarai Chloe. namun, bagaimana bisa? ia tidak bisa mengingat apapun selain perjalanan dengan mobilya. kemudian, melalui terapi yg dijalankan oleh Dr.Pete(Robert Downey,Jr), teman karib Miranda, dan "tukar pengalaman"nya dengan Chloe, Miranda kemudian mulai bisa merangkum potongan2 memori yg putus2 muncul dalam ingatannya.Ya, memang dia telah menghabisi suaminya dengan sebilah kapak, namun kenapa?
melalui kepandaianya dalam analisa, dan cerita2 Chloe ttg setan yg menghampirinya, (dan Miranda juga) Miranda kemudian percaya bahwa dia telah dirasuki roh Rachel, seorang gadis yg mati terbunuh, gadis yg sama yg ia temui ditengah perjalanan malam itu. singkat cerita, misteri terbunuhnya Rachel, dan juga beberapa gadis2 lain bisa terungkap berkat "kerja keras" Miranda mencari bukti2 bahwa ia tidak gila, dan memang Rachellah yg telah merasukinya.(Rachel dibunuh oleh Dr.Doug dan temannya, sehingga bisa disimpulkan arwah Rachel ingin balas dendam kepada 2 orang tersebut).
film ini termasuk thriller dan semi horror, dan bisa diacungi jempol atas suspense yg timbul dalam durasi 100 menit ini. hanya saja, kesan misteri tiba2 terasa berkurang saat Miranda telah mengingat semua kejadian malam itu, sehingga saya lsg bisa menebak siapa pembunuh Rachel yg lainnya. mungkin sang sutradara ingin menampilkan cerita ini lebih panjang lagi, namun menurut saya, bisa2 ceritanya menjadi semi detektif gitu ... yah, begini saja deh, quite good enough.
hanya saja, pada akhir cerita, saya masih belum habis pikir, kenapa Rachel merasuki Chloe, sehingga Chloe membunuh ayah tirinya? padahal, sang ayah tiri bukanlah pembunuh Rachel. apakah anda bisa menjawab pertanyaan ini untuk saya?

8 comments:

Anonymous said...

Mas, bikin review atau spoiler sih, panjang banget. Untung gak minat buat nonton filmnya, gimana klo yang lagi pengen, pasti ngambek nih.
Salam,

Dimas a.k.a. Gogon

w15nusp said...

hehe, sorry .. maklum masih belajar ..thx atas masukannya ...
iya nih, sebenarnya dah dibikin yg singkat, tp pas mau dipost, kok kyknya too simple, n kurang greget(tapi, mlh jadi kepanjangan) m(_ _)m

Anonymous said...

Mungkin krn chloe dijadikan alat oleh rachel agar rachel bs merasuki miranda utk membunuh doughlas ... dannn kasusnya terbuka dehh...

Unknown said...

Gpp panjang, manfaat bgt buat aku yg g brani nnton malem2 gni pas tayang d tv tp trlanjur penasaran krn smpet nnton smpe ketemu cwe hbs lwt jembatan

Unknown said...

Sama

Wisnu said...

Film sedang berlangsung pemirsahhh....


Salam kenal

its me said...

endingnya gmn. lg maen nih skrng. tp tktttk

Novi prudential said...

Trakhrnya bakalan kerasukan lg sptnya miranda.. Barusan liat d trans tv