Tuesday, October 25, 2016

melewat( -kan/ -i) semester 3

   secara teatrikal, semester 3 memang baru dimulai saat siswa tahun ajaran baru dilantik secara resmi, bahkan sebenarnya, mereka baru mulai masuk kuliah 10 hari setelahnya karena ada kegiatan orientasi. namun, bagi saya, mungkin batas awal ini sudah dimulai lebih dini, yaitu sejak para adik asuh di lab selesai paparan tugas akhir mereka, dan salah satu keluarga dekat saya kembali ke Indonesia karena masa tugasnya disini sudah selesai. 
   seperti yang digembor2kan para senior dan rekan sejawat yang sudah menempuh program ini, bahwa di semester ini kegiatan secara terprogram di perkuliahan hampir tidak ada, kesemuanya sudah diserahkan kepada kebijakan lab masing2, dan itu sudah saya alami sejak awal tahun lalu, hahaha. intinya, mahasiswa diberikan kebebasan sepenuhnya untuk konsen pada materi research masing2, bersyukurlah mereka yang kelimpungan kurang data di tahun sebelumnya. saya pun akhirnya merasa agak sedikit terbebas, karena dengan tidak adanya kewajiban hadir di kelas, pengaturan jam ekperimen lebih leluasa dan bertambah, apalagi hingga akhir summer nanti, insya allah tidak ada jadwal seminar, yang tentu saja sangat memakan waktu untuk persiapannya (baca : umek).
   kegiatan mengalir, meski rutinitas mengasuh taruna S1 masih berulang, setidaknya dengan kehadiran junior M1 (mahasiswa program master tahun pertama) lumayan bisa membantu mengurangi keumekan meski ternyata si M1 akhirnya juga divonis butuh pengasuhan lebih oleh sensei, hahaha. untunglah ada Ramadhan, setidaknya saya bisa mengerem untuk tidak terlampau berlarut dalam euforia ke"santai"an (kesibukan) di semester ini. saya bersyukur diingatkan akan keberlarutan ritual slow going, yang didukung dengan hasil experimen yang cukup lumayan. 
   hingga akhirnya tiba masa untuk menutup semester dengan kesibukan luar biasa, merangkumnya kedalam thesis, meski saya merasa belum layak, namun dari pembimbing sudah sangat mendorong untuk segera diselesaikan, jadilah busy ending. 

well, keep fight

No comments: