Saturday, January 26, 2013

wayang edan !!!

    lihat judul, mungkin ini buku tentang nasionalisme, pembangkitan jati diri buat orang2 yang MUNGKIN sudah banyak yang lupa tempat mereka berpijak. ditambah pengantar yang ditulis pak DI.
   
   eeeee, ternyata, sesuai kata sambutan sang dalang, isinya ya beneran cerita wayang..wayang..dan wayang yang MUNGKIN lagi, sudah direkayasa sedemikian rupa oleh sang dalang, disesuaikan dengan kondisi terhangat yang sedang beredar di negeri tempat orang banyak kehilangan jati dirinya ini. 

   jujur, meski saya adalah orang Jawa tulen, namun karena keterbatasan, hanya almarhum bapak saya yang masih sempat mengenyam nonton wayang secara live saat beliau masih kecil di kampungnya dulu. saya bernasib kurang beruntung, tidak bisa menikmati budaya wayang ini secara alami seperti bapak, sehingga meskipun mbah Tejo ngarang2 ndak bener dalam mendalang di buku ini, saya ya hanya manggut2 saja.

   buku ini menarik, cerita menyindir sisi kehidupan, cie cie cie :D , inspiratif namun kritis, dan berhasil membangkitkan keingintahuan saya untuk mencari tahu lebih lagi tentang wayang. nilai moralnya, jangan lupakan jati diri kita dan yakinlah, bahwa kita dapat mengambil nilai2 luhur dari kisah2 wayang yang sudah di-dalang-kan dengan lebih sederhana namun mengena oleh mbah Tejo ini, untuk kehidupan kita. MONGGO

No comments: