Sunday, May 08, 2005

the last day of golden week, mother's day

what is golden week?
mungkin kalo di indonesia, bakal ngga ada deh ... di jepang, ada satu pekan dimana semuanya hari libur, alias tanggalannya merah semua ... lho kok bisa ? iya di jepang khan untuk hari libur nasional maupun peringatan hari tertentu bisa dipindah sesuai dengan keadaan .. jadi, karena disini dah menerapkan sistem 5 hari kerja, so sering juga tuh ada libur 3 hari berturut-turut karena jadwal hari libur nya digeser. nah, pas golden week, yg jatuh pas awal mei tiap tahun, sebenarnya hari libur nasionalnya cuman 4 hari, tapi karena diatur sedemikian rupa, jadinya tuh libur bisa merentet sampai 8 hari (hehehe, tambah sabtu minggu 2 pekan, n satu hari kerja yg "dikorbankan" buat kepentingan bersama) ... jadi, liburlah satu minggu penuh, lumayan buat mudik bagi org jepang, terutama mereka yg baru masuk kerja or mahasiswa baru(iya, karena tahun ajaran barunya khan baru mulai awal april lalu).
nah, hari libur yg berturut ini adalah hari peringatan hukum, hari libur warga negara (aneh2 aja namanya, tp memang gitu klo diterjemahkan), hari anak nasional, n yang terakhir yaitu hari ibu(hari ini=red).
kok hari ibu nya bulan mei? klo ini saya jg alasannya ga tau ... sebelum anda nanya begitu, saya tanya duluan, knp hari ibu di Indonesia jatuhnya pas 22 desember?hehehehe ...
pokoknya, karena hari ini hari ibu, congrats lah for all mom in japan, hehehe ... hayo, yg pernah merasa punya ibu asuh di jepang, udah ngucapin belom?

No comments: